Minggu, 16 Februari 2025

To Kill A Mockingbird

 

literasi digital wijen

JUDUL BUKU: To Kill A Mockingbird 

Pengarang : Harper Lee

Tahun Terbit : 1960

Sinopsis

Buku ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak perempuan bernama Scout Finch yang tinggal di Maycomb, Alabama, pada tahun 1930-an. Scout dan saudara laki-lakinya, Jem, harus menghadapi kesulitan dan ketidakadilan dalam masyarakat mereka, terutama ketika ayah mereka, Atticus, memutuskan untuk membela seorang pria kulit hitam yang dituduh melakukan kejahatan.

Literasi

1. *Simbolisme*: Burung mockingbird dalam judul buku ini merupakan simbolisme dari kebaikan dan ketidakbersalahannya. Tokoh Tom Robinson, seorang pria kulit hitam yang dituduh, dan Boo Radley, seorang pria yang dianggap aneh oleh masyarakat, dapat diibaratkan sebagai burung mockingbird yang tidak bersalah dan hanya ingin melakukan kebaikan.

2. *Ironi*: Ironi dalam buku ini dapat dilihat dari kesulitan yang dihadapi oleh Atticus dalam membela Tom Robinson, meskipun dia tahu bahwa Tom tidak bersalah. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Maycomb masih memiliki pandangan yang salah tentang orang kulit hitam.

3. *Karakterisasi*: Karakter Scout Finch merupakan contoh dari karakterisasi yang baik. Dia digambarkan sebagai seorang anak perempuan yang cerdas, berani, dan memiliki hati yang baik. Karakter ini membantu pembaca untuk memahami perspektif anak-anak dalam menghadapi kesulitan dan ketidakadilan.

Tema

1. *Kesetaraan*: Buku ini membahas tentang kesetaraan dan ketidakadilan dalam masyarakat. Atticus Finch membela Tom Robinson karena dia percaya bahwa semua orang harus diperlakukan sama di depan hukum.

2. *Kebenaran*: Buku ini juga membahas tentang kebenaran dan bagaimana kebenaran dapat disembunyikan oleh masyarakat. Kasus Tom Robinson menunjukkan bahwa kebenaran tidak selalu dapat diterima oleh masyarakat.

Kesimpulan

Buku "To Kill a Mockingbird" karya Harper Lee merupakan contoh dari literasi yang baik. Buku ini membahas tentang kesetaraan, kebenaran, dan ketidakadilan dalam masyarakat, serta menggunakan simbolisme, ironi, dan karakterisasi untuk menyampaikan pesan yang kuat.

 KONTRIBUTOR: Kelas XII TKR-3

1.Nicholas A.F

2. Zhendrian R.N.S

3. Nanda Dwi S.

4. Ruli Adi R

5. Vichent Pradiva P

6. Zidqi Fathkhurozi

7. Yusuf Dwi F.

Tidak ada komentar:

Madilog